Nickname di Internet dan Dunia Nyata

Menarik mengingat tentang Nama Panggilan kita. Dalam internet nama panggilan sering diistilahkan dengan Nickname, yaitu nama panggilan yang lazim ada di internet, nickname ini dapat ditemui dalam commenting system ataupun dalam komunitas mailing list yang tersebar di internet. Beberapa orang biasanya mempergunakan nama pendek dari nama lengkap di dunia nyata untuk nickname di internet, seperti misalnya saya terbiasa menggunakan nickname 'ozy' untuk bersosialisasi di internet dan nickname ini juga merupakan potongan dari nama panjang saya yaitu sofyanfaozi.
Lalu apa yang membedakan antara nickname di dunia nyata dan dunia maya?

Dalam dunia nyata, nickname biasanya merupakan kependekan dari nama panggilan seperti yang saya contohkan di atas, namun ada pula nickname di dunia nyata merupakan plesetan dari nama asli atau terkadang karena karakter khas dari person yang bersangkutan, biasanya nickname ini diberikan oleh sekumpulan teman kepada diri kita sendiri.

Berbeda dengan nickname di dunia nyata, nickname dalam dunia maya biasanya diawali dengan person yang bersangkutan untuk mengenalkan nickname tersebut. Sebagai contoh anda dapat membuat sebuah alamat email palsu dengan nickname sesuka hati anda dan kemudian anda dapat bersosialisasi dengan banyak orang menggunakan nickname yang baru saja anda buat.
Lalu apa perbedaan keduanya? secara prinsip adalah sama, yang membedakan adalah nickname dalam dunia nyata biasanya diberikan oleh komunitas/person lain kepada diri kita sendiri, selain itu biasanya sang pemilik nickname telah diketahui orangnya dan tidak sulit untuk ditemui. Sedangkan dalam internet, nickname biasanya dikenalkan pertama kali oleh sang pemilik melalui beberapa media seperti misalnya milis, messenger, IRC atau bahkan melalui blog/shoutbox dan kemudian jika memang sang pemilik nickname memiliki kemampuan ataupun karakter yang khas maka nickname ini akan mudah dikenali dikemudian hari. Jika sudah begini, maka nickname itu nantinya akan menjadi trademark™ bagi pemiliknya.
Persamaan dari keduanya adalah jika nickname ini sudah tersebar ke banyak orang dan mudah dikenali artinya keberadaan/kehadiran anda sudah diakui oleh komunitas entah itu secara langsung ataupun tidak langsung. So, berbahagialah buat anda yang memiliki nickname, karena tidak mudah bagi banyak orang untuk memperoleh nickname dan diakui oleh banyak orang. Bagi saya ini adalah anugerah bisa diakui oleh sebuah komunitas karena pribadi kita sendiri.
Saya sendiri di internet selain menggunakan nickname ‘ozy’ juga mempergunakan nickname ‘sofyan’. Nickname ini saya kenalkan pada masa jadul, kala masih bergelut dengan mig33 dan para gebetannya =)). Sedangkan dalam dunia nyata saya sendiri memiliki nickname sofyan atu ozi. nickname terakhir yang saya tulis adalah pemberian dari rekan-rekan saya. Kenapa bisa dipanggil ozi? wah bisa panjang ceritanya gak cukup kalo cerita di blog aja, mending kopdar kalo mau latar belakangnya sambil minum blue lagoon :p

Tidak ada komentar:

Posting Komentar